Cara Tepat Mengompres Demam Anak Agar Cepat Turun

Cara Tepat Mengompres Demam Anak Agar Cepat Turun – Melihat seorang anak kecil terserang demam tinggi biasanya membuat para orang tua panik dan kebingungan. Terlebih tempat tinggal Anda cukup jauh dari Puskesmas / Klinik kesehatan. Stok obat-obatan keluarga Anda pun tak tersisa.

Perasaan sebagai orang tua anak pasti khawatir dengan keadaan ini. Ketika terjadi demikian, coba Anda berusaha untuk tetap tenang dan ambil kain handuk kecil beserta air hangat. Mulailah mengompres anak Anda menggunakan air hangat tersebut bukan air dingin.

Cara Tepat Mengompres Demam Anak Agar Cepat Turun

Gunakan Thermometer untuk cek kondisi si kecil

Tindakan pertama mengompres anak saat demam mungkin terkesan kuno, tapi mengompres saat demam terbilang cukup efektif, terlebih lagi jika dalam keadaan mendesak, seperti si kecil demam saat tengah malam.

Mengompres merupakan tradisi dari ajaran nenek moyang, jika Anda merasa jadi orang tua saat ini Anda pasti pernah merasakan dikompres oleh ibu Anda ketika sakit demam.

Dan ini adalah fakta, dimana zaman dahulu belum ada obat-obatan modern untuk menurunkan demam pada anak. Mereka menggunakan kain lembut yang direndam dalam air hangat, diperas dan diletakkan pada kening.

Tapi tahukah Anda bahwa menaruh kain kompres di kening sebenarnya kurang tepat? Alasannya adalah, bagian kepala tepatnya di kening di dalamnya terdapat tulang tengkorak yang menghalangi proses penguapan suhu panas.

Jadi, tindakan paling tepat menaruh kain kompres adalah diletakkan pada bagian lipatan-lipatan tubuh seperti ketiak. Usahakan sekitar 15 menit Anda letakkan kain kompres, jika sebelum 15 menit kain lap kompress sudah dingin segera ganti dengan kain lain yang sudah di rendam dengan air hangat. Ulangi hingga anak Anda benar-benar merasa tenang karena demam mulai menurun.

Simak juga Tips menjaga kesehatan tubuh anak agar tidak mudah sakit

 

 

Cermati tindakan Anda, apakah sudah benar jenis air yang digunakan?

 

Kebanyakan dari para orang tua karena merasa khawatir yang berlebihan tindakan mengompres tidak berhasil menurunkan demam si anak. Bukannya turun, tapi demamnya justru tambah tinggi. Kenapa demikian?

Ternyata banyak orang telah salah melakukan tindakan mengompres menggunakan air dingin, dengan asumsi bahwa air dingin itu menetralkan panas. Benar jika itu Anda lakukan untuk mendinginkan air panas. Ini untuk tubuh manusia, jelas beda.

Ketahui juga Manfaat pare yang mampu meningkatkan imunitas tubuh keluarga Anda

 

Menurut para Dokter Spesialis Anak, es / air dingin justru meningkatkan suhu tubuh. Jadi jangan mengompres dengan menggunakan air dingin. Hal ini pernah pernah saya tanyakan langsung ketika membawa anak saya untuk periksa di salah satu rumah sakit.

Menceritakan apa yang sudah saya lakukan untuk menurunkan demam pada anak, yaitu mengompres dengan air dingin. Panas pun tidak kunjung turun, dan terakhir saya bawa ke Dokter Khusus Anak untuk diagnosa gejala demamnya.

Sesuai dengan ulasan diatas, ternyata salah ketika Anda mengompres demam anak memakai air dingin/es. Alasannya mengompres dengan air hangat dapat membuka pori-pori, sehingga panas pada tubuh bisa keluar melalui pori-pori tersebut.

 

Untuk itu, simak langkah-langkahnya berikut ini;

1. Siapkan kain lembut / handuk kecil 2 lembar, tujuanya untuk mengompres secara bergantian agar lebih cepat.

2. Siapkan tempat agak besar untuk menaruh air hangat.

3. Rendam salah satu kain kompres, peras jangan terlalu tuntas dan letakkan pada bagian lipatan tubuh anak Anda. Bisa Anda selipkanĀ di ketiak bukan di kening kepala.

4. Jaga dan tunggu selama kurang-lebih 15 menit kemudian ganti dengan handuk kedua.

5. Sebaiknya jangan menyelimuti anak Anda ketika mengalami demam, karena tindakan tersebut justru akan meningkatkan suhu tubuh anak semakin meningkat.

6. Ketika suhu anak meningkat, resiko paling berbahaya anak bisa mengalami kejang-kejang atau biasa disebut step hingga hilang kesadaran. Sebab menggigil saat demam berbeda dengan menggigil karena kedinginan.

Untuk mengurangi step, ketika anak Anda sehat biasakan diberi 1 sendok minuman kopi hitam. Fakta atau mitos saya juga belum tahu, tapi saya percaya karena orang tua dahulu mengajarkan demikian.

7. Pakaikan baju tipis saja, lengan pendek. Sehingga ketika demam panasnya mudah keluar lewat pori-pori. Jangan diberi baju berlapis-lapis saat si kecil menggigil karena demam.

8. Tetap memberinya makanan dan minuman sesering mungkin agar ia tetap terpenuhi asupan kalorinya serta tidak terjadi dehidrasi. Biasanya anak akan malas makan dan minum saat itu, Anda bisa mensiasati dengan memberi makanan bergizi yang dia suka.

Baca juga jenis makanan sehat yang mampu menghilangkan racun dalam tubuh

 

9. Tanyakan tentang sesuatu yang anak Anda inginkan, mungkin dia ingin mainan baru. Berikan saja sedikit janji bahwa Anda akan membelikan mainan baru jika si anak cepat sembuh. Hal ini memberi sugesti harapan kepada anak untuk cepat sembuh, karena merasa senang akan dibelikan sesuatu yang baru.

10. Jika panas tak kunjung turun, sebaiknya segera bawa si kecil ke dokter anak untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut. Karena cara tepat mengompres demam anak agar cepat turun disini sebatas tindakan pertama untuk pencegahan demam akut.

 

Di saat Anda melakukan kompres pada anak, sebaiknya Anda meminta tolong suami / saudara / tetangga untuk membelikan obat penurun panas di apotek terdekat. Karena dalam kasus ini Anda kehabisan obat-obatan penurun demam dan panas anak.

Semoga pengalaman pribadi saya tentang cara tepat mengompres demam anak agar cepat turun ini bermanfaat dan bisa Anda ingat selalu untuk tetap dilakukan. Jika dirasa cara diatas berguna tidak ada salahnya Anda berbagi pengalaman membaca Anda di sini kepada kerabat maupun orang-orang terdekat Anda.

Tags: Obat alami Perawatan Perilaku

author
Penulis: 
Saya seorang Ibu rumah tangga, menyukai hal-hal positif yang belum pernah saya lakukan. Termasuk belajar menulis di blog sederhana ini. Harapan saya, semoga Anda nyaman membaca sedikit pengalaman yang saya curahkan dan bermanfaat bagi kehidupan Anda.
  1. soekmono adi2 tahun agoBalas

    Artikel yang sangat bermanfaat sekali, jadi tahu cara penanganan anak demam yang baik dan benar, selama ini taunya kalo ngompres anak demam ya pakainya air dingin/es, ngga taunya itu malah ngga baik buat si kecil. thanks buat artikelnya ya

    • Dewi Probowati (Penulis)2 tahun agoBalas

      Terimakasih pak, semoga berguna

Tinggalkan pesan "Cara Tepat Mengompres Demam Anak Agar Cepat Turun"