Khasiat dan manfaat biji pepaya untuk keindahan rambut

Khasiat dan manfaat biji pepaya sebagai masker – Rambut indah dan sehat menjadi idaman setiap orang, terutama kaum perempuan. Perawatan secara alami menjadi pilihan terbaik agar penampilan rambut tetap hitam dan terurai indah.

Anda beruntung bisa menggunakan bahan alami biji pepaya, dimana kegunaan biji pepaya kering adalah sebagai masker rambut. Dibanding melakukan perawatan rambut di salon kecantikan, saya rasa lebih sehat dan hemat memakai masker rambut dari tumbukan biji pepaya.

Khasiat dan manfaat biji pepaya sebagai masker rambut untuk keindahan rambut

Kegunaan biji pepaya sebagai masker untuk keindahan rambut

Menurut penelitian, biji pepaya mengandung Glucoside Cacirin dan Karpain. Zat ini memiliki fungsi untuk menghitamkan rambut secara alami. Fungsi dari kandungan zat pada biji pepaya hampir sama dengan kandungan zat alami lidah buaya.

Selain itu, gatal karena ketombe di kulit kepala bisa berkurang jika Anda rajin mengoleskan masker rambut dari biji pepaya ini. Hasilnya tidak secepat perawatan dari salon kecantikan rambut, mungkin 1-2 minggu Anda merawat rambut di salon sudah mulai nampak.

Tetapi, Anda butuh 2-3 bulan memperoleh rambut indah tidak kusam dengan terapi masker rambut biji pepaya. Itupun jika Anda rutin meluangkan waktu di tengah-tengah aktivitas harian Anda memoles rambut dan kulit kepala dengan ramuan serbuk biji pepaya.

 

 

Fungsi biji pepaya serta cara penggunaan untuk masker rambut

 

Secara umum, kegunaanya adalah untuk kesehatan organ tubuh. Sebab merupakan bahan alami dari dalam sari pati buah pepaya.

Biji buah pepaya sendiri berwarna hitam dengan jumlah banyak serta padat, berfungsi sebagai gudang cadangan makanan untuk perkembangan buah pepaya dan untuk pertumbuhan Embrio (yaitu: Jaringan bakal tumbuhan baru yang akan berkembang jika berada di lingkungan dengan kondisi sesuai untuk bertumbuh-kembang).

 

Berikut beberapa kegunaan biji pepaya sebagai masker rambut;

1. Menjadikan rambut hitam berkilau

Fungsi ini diperankan oleh zat yang bernama Glucoside Cacirin dan Karpain. Kandungan bahan alami ini juga bisa ditemukan pada jenis biji-bijian kemiri. Hanya saja, pada kemiri unsur lemaknya yang biasa digunakan untuk menghitamkan rambut.

 

2. Menyehatkan kulit kepala dan mengurangi ketombe

Kulit kepala sehat adalah tidak lembab dan tidak terlalu kering. Jika lembab, sering menimbulkan berbagai penyakit kulit kepala, gatal-gatal dan alergi. Jika terlalu kering, kulit kepala Anda seperti terlihat retak-retak bahkan bisa terkelupas. Lebih tepatnya banyak kulit mati yang terkelupas.

Gunakan biji buah pepaya untuk mengatasi kedua hal diatas agar kondisi kulit kepala Anda tetap terjaga normal.

 

3. Mengurangi uban pada rambut

Rambut beruban(rambut berwarna putih sebagian) bisa terjadi pada siapa saja, baik orang dewasa maupun anak muda sekalipun. Terjadi akibat adanya proses Pigmentasi tubuh, konsumsi obat berlebih, ataupun faktor keturunan.

Pigment merupakan kandungan zat penghitam rambut, dan ini juga dimiliki oleh biji pepaya.

 

Cara membuat dan penggunaan masker rambut dari biji buah pepaya

  • Persiapkan dahulu buah pepaya utuh, belah menjadi 2 bagian dan ambil semua biji pepaya.
  • Goreng tanpa minyak (Disangrai) hingga mengering. Hal ini untuk mengurangi kandungan air pada biji pepaya. Cukup 3-5 menit agar tidak gosong.
  • Siapkan alat tumbuk, Anda bisa menggunakan cobek atau paling mudah memakai blender bumbu. Kemudian tumbuk hingga halus.
  • Setelah biji pepaya halus, langsung saja oleskan pada kulit kepala dan rambut Anda disertai dengan pijatan lembut. Pijatan ini bertujuan mengoptimalkan kinerja dari zat alami biji pepaya cepat meresap ke kulit kepala dan rambut.
  • Terakhir, diamkan sejenak hingga mengering setelah proses pijatan tadi. Kurang lebih 30-60 menit, bilas dengan air bersih hingga merata dan rasakan perbedaan di kulit kepala Anda sebelum dan sesudah perawatan. Rambut Anda akan tampak lebih hitam dan Indah.

Simak juga cara alami memutihkan wajah secara cepat

 

Biji buah pepaya bisa juga untuk mengobati dan menjaga kondisi tubuh Anda. Faktanya, semua makanan sehat dari tumbuh-tumbuhan alami yang berasa pahit diciptakan oleh Tuhan YME menjadi bahan obat-obatan yang berfungsi menjaga keseimbangan tubuh manusia termasuk bagian-bagian dari pepaya, mulai dari daun, bunga sampai ke biji pepaya sangatlah berguna. Semoga menambah pengetahuan Anda. Jangan lupa beramal.

Tags: Buah Nutrisi Obat alami Perawatan

author
Penulis: 
Saya seorang Ibu rumah tangga, menyukai hal-hal positif yang belum pernah saya lakukan. Termasuk belajar menulis di blog sederhana ini. Harapan saya, semoga Anda nyaman membaca sedikit pengalaman yang saya curahkan dan bermanfaat bagi kehidupan Anda.
  1. Guru Ilmuan2 tahun agoBalas

    Sangat bermanfaat sekali artikel Anda ibu Dewi. Salam persahabatan ya> dari saya Wahid Lampung 😀 artikel2 di blog Anda inspiratif.

    • Dewi Probowati (Penulis)2 tahun agoBalas

      Terimakasih mas Wahid sudah mau berkunjung di Blog sederhana ini, semoga bermanfaat untuk Anda dan orang-orang yang Anda sayangi.

  2. R.SETIA MULYADI1 tahun agoBalas

    Sangat bermanfaat artikelnya…Salam Sehat. Mulyadi Bogor

    • Dewi Probowati (Penulis)6 bulan agoBalas

      Salam sehat juga Mas Setia, olah raga jangan lupa…

Tinggalkan pesan "Khasiat dan manfaat biji pepaya untuk keindahan rambut"