Manfaat sehat berjalan tanpa alas kaki setiap pagi hari

Teringat nasehat orang tua jaman dahulu tentang manfaat sehat berjalan tanpa alas kaki setiap pagi hari memang nyata adanya. Mereka terbiasa pergi ke sawah-ladang tanpa mengenakan alas kaki, sehingga umur panjang dan sehat wal’afiat mereka miliki meskipun umur sudah lanjut usia.

Berjalan kaki tanpa alas saat pagi hari sangat dianjurkan bagi ibu-ibu yang mau melahirkan, anak kecil yang baru belajar berjalan, orang yang sedang menjalani terapi kesehatan, dan bagi orang sehat pun sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh tetap fit.

Manfaat sehat berjalan tanpa alas kaki setiap pagi hari

Melatih telapak kaki berjalan di atas bebatuan kali untuk mencegah penyakit rematik

Anda bisa melakukan itu saat akhir pekan, dimana minggu pagi biasanya banyak orang melakukan aktivitas olah raga lari pagi maupun jalan sehat bersama keluarga. Misalnya Anda ingin melakukan jalan tanpa alas kaki di tempat-tempat fasilitas sosial, pilihlah jalanan yang agak terjal seperti; jalan tanah berkerikil.

Jalanan cor maupun aspal kurang berefek, sebab permukaannya rata. Jika rata, saraf telapak kaki Anda kurang merasakan pijatan halus dari kerikil jalan yang Anda pijak. Tapi untuk permulaan, Anda bisa mencoba di jalan dengan permukaan halus.

Mengapa butuh percobaan dan latihan? Tidak semua orang kuat dan tahan berjalan tanpa alas kaki di jalan tanah berbatuan. Yang ada Anda akan merasakan geli, bahkan sakit pada telapak kaki. Jika Anda termasuk orang sibuk, hingga akhir pekan pun Anda dituntut untuk tetap bekerja.

 

Ada alternatif lain yang banyak diminati saat ini yaitu; memakai sandal kesehatan. Berbentuk sandal biasa hanya berbeda pada permukaan alas kaki. Sandal kesehatan kaki ini biasanya terdapat banyak tonjolan pada permukaan alasnya. Diibaratkan Anda menginjak jalan tanah berkerikil. Tonjolan itu berfungsi menekan saraf-saraf pada telapak kaki, karena merupakan pusat saraf dari seluruh organ tubuh.

Sebisa mungkin saraf pada telapak kaki Anda tidak tegang dengan cara sederhana diatas. Atau Anda lebih suka pijat di tempat khusus alternatif saraf kaki, tidak jadi masalah. Hanya saja Anda harus mengorbankan waktu dan uang untuk jasa mereka.

 

 

Apa saja khasiat berjalan tanpa alas kaki setiap hari?

 

Dilihat dari kegunaan utama berjalan tanpa alas kaki adalah untuk menjaga kesehatan tubuh tetap bugar. Di jaman yang serba mengikuti kehidupan modern saat ini, cukup sulit mempertahankan kondisi fit badan.

Gaya hidup yang dipenuhi dengan prinsip duniawi, bekerja dan terus bekerja tanpa mengenal waktu akan membawa Anda perlahan melupakan yang namanya “menjaga kesehatan tubuh” setiap hari. Padahal, meluangkan sedikit waktu berjalan tanpa alas kaki sangat mudah dan murah jika Anda peduli.

 

Lalu, apa saja manfaat sehat berjalan tanpa alas kaki jika Anda lakukan secara kontinyu? Simak berikut ini;

1. Meningkatkan kualitas tidur

Tidur yang bermutu merupakan tingkatan istirahat yang paling nyaman, dimana seluruh organ tubuh Anda benar-benar beristirahat total. Hal ini bisa ditingkatkan dengan membiasakan diri berjalan tanpa alas kaki. Berjalan tanpa alas kaki dipercaya bisa menstabilkan ritme sirkadian yang berdampak pada kualitas tidur malam menjadi lebih baik.

 

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dari penelitian memaparkan bahwa berjalan tanpa alas kaki dapat mengurangi jumlah sel darah putih dan meningkatkan jumlah sel darah merah. Hal ini mengindikasikan respon imun secara positif.

 

3. Mengurangi nyeri persendian dan otot, bahkan sakit kepala

Hal ini karena pengaruh dari sedikit pijatan pada telapak kaki Anda saat berjalan tanpa alas kaki di jalan tanah berkerikil. Pelemasan saraf ke semua organ tubuh terangsang melalui pijatan kecil tadi. Sehingga peredaran darah ikut lancar, karena faktor nyeri bisa diakibatkan dari aliran darah yang tersumbat.

 

4. Meningkatkan penyerapan energi

Ketika Anda berjalan tanpa alas kaki di alam terbuka khususnya pagi hari, paru-paru Anda akan menghirup udara bersih dan segar. Memberi ketenangan jiwa dan penyerapan energi alam semakin meningkat. Anda akan merasakan fresh dan berenergi setelahnya.

 

5. Mengurangi kram saat menstruasi

Secara umum, berjalan tanpa alas kaki bisa mengurangi nyeri. Jadi tak mengherankan jika hal itu juga bisa mengatasi kram menstruasi. Sesungguhnya, semua nyeri yang kita rasakan di tubuh diawali dari pikiran dan mewujud sebagai stres dan bisa berujung pada kram saat menstruasi.

 

6. Mengurangi resiko penyakit jantung

Berhubungan langsung dengan alam khususnya menginjakkan kaki tanpa alas di jalan tanah, disinyalir dapat membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi tingkat kekentalan darah. Tingkat kekentalan darah seringkali dikaitkan dengan resiko penyakit jantung.

 

7. Mampu mengurangi kecemasan dan stress serta mengatur keseimbangan sistem saraf

Bumi memiliki muatan negatif, sementara tubuh manusia mempunyai muatan positif berkat gelombang elektromagnetik yang sering kita gunakan dalam keseharian. Jadi, meluangkan waktu terhubung dengan alam dengan cara sederhana menapakkan kaki di tanah sangat penting bagi kesehatan emosional dan fisik Anda.

 

8. Membantu menormalkan ritme biologis

Berjalan tanpa alas kaki membantu membentuk ulang pola tidur dan jam biologis kita. Polusi lingkungan seperti cahaya, bahan kimia, dan faktor lainnya sangat memengaruhi pola tidur kita.

 

Selain poin-poin diatas masih ada satu hal yang tidak kalah penting. Ternyata, manfaat sehat berjalan tanpa alas kaki setiap pagi hari dapat mengurangi muatan gelombang elektronagnetik berbahaya (EMF) dalam tubuh juga. Sekiranya berguna, silahkan Anda bagikan. Terimakasih.

Tags: Obat alami Perawatan Perilaku

Dewi Probowati
Penulis: 
Saya seorang Ibu rumah tangga, menyukai hal-hal positif yang belum pernah saya lakukan. Termasuk belajar menulis di blog sederhana ini. Harapan saya, semoga Anda nyaman membaca sedikit pengalaman yang saya curahkan dan bermanfaat bagi kehidupan Anda.

Tinggalkan pesan "Manfaat sehat berjalan tanpa alas kaki setiap pagi hari"