Manfaat sehat buah pare, memiliki khasiat apa buah pahit ini?

Pare (Peria) termasuk jenis buah labu-labuan, memang sangat pahit rasanya. Namun, ternyata banyak manfaat sehat buah pare jika kita konsumsi secara teratur. Rasa pahit pare bisa dikurangi dengan cara direndam dalam air hanagat dicampur garam, kurang lebih selama 30 menit.

Dengan cara di rebus juga bisa, tapi nutrisi dalam buah pare akan ikut luntur terkena panasnya air mendidih. Kuman saja mati terkena air panas, apalagi sekedar rasa pahit.

5 Manfaat sehat buah pare bagi kesehatan dan kebugaran tubuh

Tuhan YME menciptakan segala sesuatu di muka bumi ini pasti memiliki kebergunaan bagi umat manusia, termasuk si pahit pare.

Justru rasa pahit dari segala jenis tumbuhan rata-rata memiliki kandungan obat, selain pare ada juga daun pepaya dan mahkota dewa.

Keduanya memiliki manfaat hampir sama dengan buah pare yang pahit. Kulit pare bisa dijadikan sayuran sehat untuk keluarga Anda, paling bagus dibuat jus dicampur madu untuk mengurangi rasa pahit.

Mungkin sering Anda temui ya… pare dijadikan lalapan makan sehari-hari maupun biasa sebagai campuran jajanan siomay. Hal ini biasa dilakukan di wilayah Jawa Barat dan sudah menjadi tradisi dari nenek-moyang. Kebanyakan cara konsumsi direbus setengah matang dahulu kemudian disajikan diantara lauk-pauk lain.

 

 

5 Kegunaan pare sebagai penjaga kesehatan dan kebugaran tubuh

 

Kandungan nutrisi pare mampu menjaga kondisi fit tubuh Anda agar selalu tampak segar-bugar. Khasiat pare jarang dikenal, sebab orang-orang sudah dihipnotis dengan kata “pahit“. Sehingga enggan mengkonsumsi setiap hari, terkecuali untuk pengobatan.

Padahal akan sangat bermanfaat jika teratur mengkonsumsi, tidak usah terlalu sering cukup seminggu 2 kali. Ini yang sering saya lakukan untuk keluarga saya di rumah. Jika Anda pandai mengolahnya akan jadi menu favorit tambahan. Sebelumnya, coba lihat resep oseng-oseng pare empuk.

 

Berikut manfaat sehat buah pare:

1. Meningkatkan imunitas

Peria atau pare dikenal sebagai sayuran yang bisa meningkatkan tingkat kekebalan tubuh. Anda bisa merebus pare dalam air kemudian mengkonsumsi air setiap hari untuk melawan berbagai infeksi dan penyakit. Tak hanya itu, pare juga kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat untuk membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh.

 

2. Menyembuhkan gangguan pernapasan

Untuk gangguan pernapasan seperti pilek, batuk, dan asma, jus pare adalah obatnya. Biasakan untuk mengkonsumsi jus pare segar setiap pagi sebelum sarapan untuk mendapat hasil terbaik.

 

3. Mengatasi jerawat

Untuk detoksifikasi (yaitu: Membuang racun secara alami), pare juga punya kemampuan untuk memurnikan darah. Pare bisa bekerja untuk mengurangi jerawat dan membersihkan tubuh secara internal. Bukan cuma itu, sayuran ini juga bisa membantu penyembuhan infeksi kulit dan darah lainnya, seperti bisul, kudis, hingga penyakit jamur.

 

4. Membantu mengobati diabetes

Sayuran berwarna hijau ini mengandung phytonutrient, polipeptida-P, yang merupakan insulin tanaman untuk mengurangi kadar gula darah. Kedua nutrisi itu bisa menyusun agen hipoglikemik yang disebut charantin untuk meningkatkan sintesis glikogen dalam tubuh dan membantu dalam pengobatan diabetes, sekaligus mengurangi kadar gula dalam darah.

 

5. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung didominasi oleh tumpukan kolesterol dalam darah, maka pare juga bagus untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Mengonsumsi pare secara teratur bisa membuat hidup Anda bebas penyakit dan menikmati kehidupan lebih panjang.

 

Sekarang sudah tau kan khasiat pare dapat menjaga tubuh Anda tetap fit? Tidak perlu takut dengan rasa pahit pare, tapi bayangkan betapa pentingnya kegunaan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Sayangilah hidup Anda dengan konsumsi makanan sehat, itu berarti Anda mensyukuri kehidupan ini.

Jika berkenan, bagikan pengalaman membaca Anda ini ke semua orang.

Tags: Nutrisi Obat alami Perawatan Sayuran

author
Penulis: 
Saya seorang Ibu rumah tangga, menyukai hal-hal positif yang belum pernah saya lakukan. Termasuk belajar menulis di blog sederhana ini. Harapan saya, semoga Anda nyaman membaca sedikit pengalaman yang saya curahkan dan bermanfaat bagi kehidupan Anda.
  1. Sehat jiwa dan raga3 tahun agoBalas

    Dulu saya punya tanaman ini dan orang tua saya memiliki varietas yang terbaik tapi sayang sekarang sudah tak berbekas,,, tidak tahu kenapa… Sayang sekali sebenarnya.

    • Dewi Probowati (Penulis)3 tahun agoBalas

      Sayang sekali ya mas, sudah tidak ada kelanjutan untuk budi-daya tanaman tersebut. Padahal manfaatnya banyak sekali. Terimakasih sudah berkunjung.

Tinggalkan pesan "Manfaat sehat buah pare, memiliki khasiat apa buah pahit ini?"