Panduan sukses mencari kerja melalui internet

Mencari informasi pekerjaan melalui internet riskan akan penipuan, untuk menghindari itu Anda perlu berhati-hati jika menemukan lowongan kerja via online. Banyak terjadi kasus penipuan di iklan multimedia dengan modus kata-kata yang seakan-akan perusahaan atau badan usaha tersebut benar-benar membutuhkan karyawan baru tanpa pengalaman.

Disini, Anda harus jeli dan jangan langsung mempercayai tawaran itu. Telusuri dahulu keberadaan badan usaha, apakah berbentuk penyalur atau nyata sebuah perusahaan. Setau saya, jarang sekali perusahaan besar memasang iklan kecuali produk mereka sendiri.

Kalaupun ada, biasanya mencantumkan informasi lowongan pekerjaan di situs resmi mereka. Jadi, kemungkinan besar pengiklan lowongan kerja itu rata-rata penyalur atau yayasan.

Panduan sukses mencari kerja melalui internet

Penyalur atau yayasan terpercaya memiliki ijin usaha dan alamat jelas yang benar-benar nyata keberadaannya. Meskipun demikian, tetap waspada karena tidak ada jaminan Anda aman dari penipuan.

Sebab, model penipuan terbaru adalah seorang pelaku memakai nama baik dari suatu yayasan tersebut untuk melakukan aksinya.

Menarik uang kepada pencari kerja dengan alasan biaya administrasi, padahal masuk kantong pribadi bukan ke yayasan tersebut.

Setelah mendapatkan biaya administrasi, saya yakin orang tidak jujur ini akan langsung menghilang tanpa keterangan membawa pergi uang Anda.

 

 

5 langkah aman memilih lowongan kerja saat mendapati iklan di internet

 

Iklan lowongan pekerjaan lewat internet sangat banyak sekali, bisa berbentuk iklan baris maupun gambar. Pengalaman saya pribadi, pernah melamar pekerjaan ke salah satu perusahaan yang saya dapat dari iklan baris.

Karena merasa belum pernah bekerja, otomatis tidak memiliki pengalaman dan senangnya di iklan itu ada keterangan “Tidak membutuhkan yang berpengalaman“. Lamaran langsung saya kirim melalui email, tidak menunggu waktu lama langsung ada balasan “Anda telah diterima dan harus membayar biaya administrasi“.

Saya langsung membayar biaya itu tanpa berfikir panjang, dengan alasan saya ingin sekali bekerja. Setelah itu tidak ada informasi lagi untuk kelanjutan dari proses kapan mulai saya ditempatkan untuk bekerja. Akhirnya, merasa tertipu saya bingung mau mengadu kepada siapa karena iklan tersebut sudah tidak muncul.

Usut demi usut, akhirnya saya memahami kata-kata “tidak membutuhkan yang berpengalaman” maksudnya adalah; bukan berpengalaman di bidang pekerjaan, melainkan pengalaman dalam mencari kerja via internet dengan aman dan bebas dari penipun.

Ini pelajaran berharga bagi saya, ternyata harus memahami dahulu variasi kata dan pemahaman lebih mendalam mengenai dunia online. Sebelumnya, simak juga trik terhindar dari kejahatan di mesin ATM.

 

Jika Anda ingin aman, simak tips berikut;

1. Jangan percaya bila penyedia lowongan meminta Anda untuk transfer sejumlah uang dengan alasan apapun.

 

2. Hindari undangan wawancara, yang ternyata berubah menjadi multi-level marketing atau skema penjualan piramida.

 

3. Selidiki keberadaan nyata dari badan usaha yang memasang lowongan kerja melalui iklan itu, baik lewat telpon atau lebih bagus lagi Anda datang langsung ke alamat tersebut.

 

4. Jika Anda ragu, jangan sekali-kali mengirim CV, sebab resume Anda akan disalahgunakan untuk menjual produk (seperti asuransi, dan lain-lain) atau membuat penawaran yang tidak berhubungan dengan lowongan yang diiklankan.

 

5. Cermati kembali penawaran kerja itu. Umumnya tidak benar, meragukan atau menyesatkan (misal judul lowongan, penjelasan pekerjaan atau penjelasan perusahaan yang membingungkan dan menyesatkan). Biasanya, menggunakan email berbasis web dengan alamat umum, bukan alamat email milik perusahaan.

 

Bagaimana, sudah tahu kan betapa pentingnya perilaku waspada ketika mencari lowongan kerja online? Harapan saya, semoga kasus penipuan berkedok iklan membutuhkan karyawan / karyawati minim pengalaman tidak terjadi pada Anda setelah membaca artikel ini. Silahkan di share.

Tags: Online Perilaku

author
Penulis: 
Saya seorang Ibu rumah tangga, menyukai hal-hal positif yang belum pernah saya lakukan. Termasuk belajar menulis di blog sederhana ini. Harapan saya, semoga Anda nyaman membaca sedikit pengalaman yang saya curahkan dan bermanfaat bagi kehidupan Anda.

Tinggalkan pesan "Panduan sukses mencari kerja melalui internet"