Tips Memilih Dan Membeli Jas Hujan Sepeda Motor

Ketika musim hujan tiba, kebanyakan orang akan pergi ke toko penjual jas hujan. Khususnya pengendara kendaraan bermotor roda dua, mereka akan memilih dan membeli jas hujan sepeda motor hanya saat diperlukan yaitu; ketika musim penghujan tiba. Sebenarnya suatu tindakan yang kurang efektif, mengapa?

Rutinitas musim hujan biasanya berkisar antara bulan November hingga Maret dan selebihnya adalah musim kemarau. Jika Anda setiap tahun harus membeli jas hujan untuk kendaraan sepeda motor apa bukan pemborosan namanya.

Cara Tips Memilih Dan Membeli Jas Hujan Sepeda Motor

Jenis jas hujan motor berlapis dua

Untuk tindakan efektif, Anda bisa memilih dan membeli jas hujan sepeda motor dengan kualitas terbaik.

Cukup sekali mungkin mahal di awal tetapi karena kualitas terjamin, biasanya jas hujan berkualitas akan awet dan bisa Anda kenakan dari tahun ke tahun tergantung cara penggunaan dan perawatan jas hujan sepeda motor tersebut.

Bahkan tidak menutup kemungkinan jas hujan murah pun akan awet jika Anda rajin merawatnya.

Setidaknya poin penting ketika Anda memilih dan membeli jas hujan adalah alat itu tahan air bukan anti air.

Secara logika, tahan air sudah pasti tidak akan tembus ke dalam ketika terguyur air hujan selama air hujan itu tidak sederas air terjun.

Jika anti air kemungkinan beda, sebab persepsi Anda bisa jadi anti air itu tidak boleh terkena air atau seperti daun talas jika terkena air tidak basah. Seandainya bahan jas hujan dari plastik, bisa jadi demikian tetapi tidak nyaman saat dipakai karena tidak ada pori-pori udara.

Simak juga, Cara efektif mengurangi berat badan secara cepat

 

 

Cara Tepat Meneliti Rain Coat Motor Sebelum Anda Kecewa Setelah Membelinya

 

Jas hujan merupakan salah satu perlengkapan penting yang harus dimiliki oleh mereka pelaku kegiatan out door, terutama para pengendara sepeda motor. Saat musim hujan tiba keberadaan jas hujan begitu penting, karena dengan jas hujan Anda dapat menahan terpaan air hujan agar pakaian atau barang bawaan Anda tidak basah.

Perlu diketahui bahwa tidak semua jenis jas hujan dapat diandalkan, oleh karena itu Anda sebaiknya pintar dalam memilih dan membeli jas hujan sepeda motor.

 

Karena saya juga memiliki kesibukan mengantar anak sekolah dengan mengendarai sepeda motor, berikut ada beberapa tips memilih jas hujan berdasarkan pengalaman saya selama memiliki perlengkapan ini;

1. Kenali bahan untuk membuat jas hujan

Sebaiknya Anda memilih jas hujan dengan bahan yang mampu menahan air secara sempurna, misalnya yang terbuat dari campuran plastik yang agak tebal dan lentur sehingga selain dapat menahan terpaan air hujan tetapi sulit untuk robek. Kekurangan bahan ini, terasa panas karena tidak ada pori-pori udara.

 

Hindari jas hujan dengan bahan yang terbuat dari kain atau yang terbuat dari dua lapisan yaitu; bagian luar terbuat dari bahan kain dan bagian dalamnya dilapisi dengan sejenis karet tipis, bahan seperti ini lambat laun akan dapat ditembus oleh air karena lapisan karet yang terdapat di bagian dalam mudah terkelupas setelah beberapa kali pemakaian atau seringnya jas hujan dilipat. Kelebihannya tidak terlalu panas ketika dipakai.

 

2. Perhatikan sambungan antar bagian dari jas hujan

Jas hujan yang baik adalah pada setiap sambungan antar tepinya direkatkan dengan cara dipress dengan proses pemanasan, dengan cara demikian maka tidak ada celah sedikitpun untuk air dapat masuk.

Hindari membeli jas hujan yang sambungan setiap tepinya dengan cara dijahit dengan benang atau terdapat resleting di bagian depannya, karena air dapat masuk melalui celah pada jahitan dan resleting meski resleting tersebut telah ditutup.

 

3. Pemilihan bentuk dan jenis jas hujan khusus sepeda motor

Pilihlah jas hujan yang berbentuk baju dan celana yang terpisah, carilah yang pada bagian lekukan tubuh agak lebar, karena pada bagian tersebut sering terdapat pergerakan, bila bagian tersebut sempit/kaku maka jas hujan akan robek ketika bagian tangan atau kaki bergerak.

 

Jas hujan yang terdiri dari baju dan celana terpisah akan melindungi tubuh Anda dari terpaan air hujan dari segala arah, selain itu juga mempermudah pergerakan Anda saat mengendarai sepeda motor.

Hindarilah memilih jas hujan yang berbentuk ponco/batman/kalong karena jenis tersebut hanya dapat melindungi sebagian tubuh kita dari terpaan air hujan, sedangkan bagian tubuh yang lainnya seperti tangan dan kaki tetap akan terkena basah.

 

Selain itu, jas hujan jenis ini dapat membahayakan pemakai dan pengendara lain, saat dipakai bagian jas hujan yang berada di depan akan tertiup angin dari arah depan pengendara dan menutupi pandangan pemakainya sehingga pengemudi akan kehilangan pandangan dan sulit untuk mengendalikan laju sepeda motor dan dapat menyebabkan kecelakaan.

 

4. Memilih warna terang

Macam Jas Hujan Motor Bahan Satu Lapis

Pilihlah jas hujan dengan warna terang, karena warna terang akan membantu pengendara lain agar dapat melihat posisi kita, jika tidak carilah jas hujan yang terdapat garis warna yang menyala. Ketika disorot oleh lampu kendaraan lain dapat menyala untuk tanda bahwa di depan ada pengendara lain.

 

Biasanya warna tersebut terdapat pada bagian punggung dan dada sehingga meskipun warna jas hujan kita gelap tetapi tetap dapat terlihat oleh pengendara lain karena terbantu oleh adanya garis berwarna cerah yang akan menyala saat terkena sorotan lampu.

 

5. Ukuran jas hujan jangan terlalu ketat

Sebaiknya ukuran ketika Anda memilih dan membeli jas hujan sepeda motor jangan terlalu kecil / ketat. Ukuran lebih besar pun akan lebih baik. Sebab Anda pasti langsung memakai jas hujan dan tas bawaan Anda tanpa harus mencopot mereka terlebih dahulu. Bayangkan jika Anda terlanjur memiliki jas hujan berukuran kecil, Anda pasti kerepotan.

Carilah jas hujan yang ukuran bagian lengan dan kakinya panjang dan mengkerut pada bagian pergelangan tangan dan kaki, hal ini berguna untuk meminimalisir masuknya air ke bagian tangan atau kaki.

 

6. Tanpa rit sleting atau kancing

Jas hujan yang menggunakan rit sleting atau kancing sebagai penutup ketika dipakai lebih mudah kemasukan air hujan meski ada penutupnya. Sebaiknya Anda pilih yang jenis rain coat untuk para pendaki gunung, mereka seperti sweeter namun berbahan campuran karet dan plastik. Kekurangannya hanya dari segi harga relatif mahal.

 

Rasa aman dan nyaman berkendara saat hujan didukung juga oleh perlengkapan terbaik yang Anda pakai, jika kualitas bahan jas hujan rendah dan tembus bisa menyebabkan Anda terserang penyakit flu ataupun masuk angin.

Pilihan tegantung pada pribadi Anda masing-masing, mau yang mahal tapi awet untuk jangka panjang atau Anda harus repot setiap tahun memilih dan membeli jas hujan sepeda motor ketika musim hujan.

 

Setelah Anda memilih dan membeli jas hujan sepeda motor dengan tepat, terakhir yang harus Anda lakukan adalah melakukan perawatan berkala agar tahan lama hingga bisa Anda gunakan lagi menghadapi musim hujan di tahun yang akan datang. Semoga berguna dan jangan lupa bagikan ya….

Tags: Alat Kendaraan Musim Perilaku

author
Penulis: 
Saya seorang Ibu rumah tangga, menyukai hal-hal positif yang belum pernah saya lakukan. Termasuk belajar menulis di blog sederhana ini. Harapan saya, semoga Anda nyaman membaca sedikit pengalaman yang saya curahkan dan bermanfaat bagi kehidupan Anda.

Tinggalkan pesan "Tips Memilih Dan Membeli Jas Hujan Sepeda Motor"