Tips aman dan nyaman berkendara motor roda dua atau lebih

Kendaraan sepeda motor ataupun mobil adalah alat transportasi harian, diwajibkan bagi Anda untuk mempelajari tips aman dan nyaman berkendara motor roda dua, mobil, bahkan kendaraan pengangkut. Mengapa Anda diharuskan belajar berkendara dengan aman? Alasannya adalah, meningkatnya angka kecelakaan di lingkungan kita terutama pengendara sepeda motor.

Jenis kendaraan bermotor di Indonesia sangat beragam, dengan berbagai pola dan cara berkendara. Untuk itu, perlu Anda tingkatkan keseriusan Anda dalam menjalankan kendaraan bermotor disamping fokus.

6 Tips aman dan nyaman berkendara motor roda dua atau lebih

Perilaku aman dan nyaman berkendara motor roda dua atau lebih di setiap perjalanan

Tingginya nilai kecelakaan di setiap wilayah membuat Instansi Kepolisian bagian lalu-lintas berfikir keras dan berjuang menekan angka laka-lantas.

Ada juga perusahaan ataupun badan usaha yang memiliki pegawai / karyawan memberikan penanganan khusus untuk kasus kecelakann lalu-lintas. Seperti hal nya:

» Penindakan terhadap perlengkapan kendaraan yang tidak standart pabrik
» Menghidupkan lampu di siang hari khusus roda 2
» Penambahan marka jalan Mekanik, yaitu Paku jalan yang di lengkapi reflektor biasanya bentuk nya bulat bening di tengah jalur
» Menyediakan dan mengharuskan naik jemputan karyawan (Perusahaan / Badan usaha)
» Mewajibkan trainning Safety Riding bagi karyawan / pegawai

Namun, tidak semua orang mengerti dan mau berkendara dengan aman dan nyaman. Jika belum mengerti wajar, tapi ada baik nya mempelajari tentang safety riding. Bisa melalui organisai trainer ataupun dari teman yang pernah ikut trainning.

Yang paling sederhana, cukup belajar dari teman, irit tapi tambah ilmu. Jika Anda memiliki modal dan keinginan kuat, silahkan mengikuti kursus safety riding.

Kursus berkendara sangat direkomendasikan oleh pemerintah, karena Anda membantu mengurangi angka kecelakaan. Di tempat tersebut, Anda akan diajarkan berbagai macam teknik berkendara aman dan benar.

 

 

Tindakan tepat sebelum naik kendaraan bermotor

 

Kecelakaan bisa terjadi kapan pun dan dimana pun, ini bisa Anda cegah dengan mengerti tata cara berkendara yang aman dan benar. Minimal Anda faham mana yang benar dan mana yang salah, dan tunjukkan tanggung jawab Anda jika Anda memang melanggar peraturan.

Tetapi, kembali kepada pribadi masing-masing kalau mau aman dan nyaman berkendara baik untuk diri sendiri maupun orang lain saat ingin bepergian jauh maupun dekat. Berikut tips aman dan nyaman berkendara motor yang selama ini saya lakukan;

1. Membaca do’a sebelum berangkat

Hal ini memberikan kenyamanan karena kita pasrahkan semua kepada sang Pencipta agar diberi keselamatan pada setiap langkah perjalanan Anda.

 

2. Sebelum memulai, biasakan melakukan manajemen waktu dan perjalanan Anda.

Tentukan arah tujuan dan rute yang akan dilewati. Anda bisa menggunakan peta wilayah yang akan Anda kunjungi.

 

3. Cek kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh. 

Pengecekan meliputi kelistrikan (lampu-lampu, klakson), oli, kondisi mesin, ban, rantai, dan sistem pengereman.

 

4. Jika Anda hendak bepergian jauh, sebaiknya tidak membawa barang bawaan melebihi kapasitas daya angkut sepeda motor.

Bawa uang secukupnya, yang penting kartu pengambilan tunai (Debit card). Demi keamanan, lihat cara aman mengambil uang tunai melalui mesin ATM.

 

5. Selalu pergunakan pakaian berkendara yang dilengkapi dengan body protector bagian siku dan lutut, serta gunakan helm full face. Setidaknya Anda mengenakan jaket berbahan kulit, ini bagus untuk menahan goresan benda tumpul ketika Anda jatuh dari sepeda motor.

 

6. Lakukan istirahat setiap 2 jam , waktu istirahat 15-30 menit. Beristirahatlah di tempat-tempat aman dan nyaman seperti kantor kepolisian.

Enam Tips aman dan nyaman berkendara motor diatas, jika Anda laksanakan secara benar, niscaya Anda akan terhindar dari kecelakaan kendaraan. Terutama, Anda harus kontrol emosi bila menghadapi sesuatu di perjalanan. Kalau di Indonesia, sudah pasti… masalah yang membuat naik darah adalah macet. Bagaimana menurut Anda?

Kesadaran berperilaku aman dan nyaman naik kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil sebaiknya dimulai dari diri sendiri, tidak perlu menyalahkan orang lain jika Anda sendiri belum menyadari kesalahan pribadi saat di jalan raya.

Ingat…! Jalan raya adalah arena pembantaian nyata saat Anda mengabaikan semua peraturan lalu-lintas dan harapan saya Anda dapat mengaplikasikan tips aman dan nyaman berkendara motor roda dua atau mobil diatas setiap waktu demi keselamatan hidup Anda dan keluarga tercinta. Jika berguna, sudilah Anda bagikan.

Sumber otovariasi.com

Tags: Kendaraan Perilaku

author
Penulis: 
Saya seorang Ibu rumah tangga, menyukai hal-hal positif yang belum pernah saya lakukan. Termasuk belajar menulis di blog sederhana ini. Harapan saya, semoga Anda nyaman membaca sedikit pengalaman yang saya curahkan dan bermanfaat bagi kehidupan Anda.
  1. author

    Doni Jasa Asuransi Mobil4 tahun agoBalas

    Menarik sekali artilkelnya … saya coba share ke istri ternyata suka dengan resep dari mba Dewi Juragan tips

Tinggalkan pesan "Tips aman dan nyaman berkendara motor roda dua atau lebih"